Minggu, 21 Mei 2017

Ulasan 2 - Multitasking

Ulasan 2 - Multitasking

Pada artikel ini saya akan mengulas video yang berjudul "Multitasking Operating Systems as Fast As Possible" yang  terdapat pada link berikut https://youtu.be/mINZ-YFO88c. Video berdurasi 5 menit 10 detik tersebut diunggah oleh akun Techquickie dan telah ditonton sebanyak 163 ribu kali sejak diupload pada 14 Mei 2015.

Dalam sistem operasi terdapat dua cara untuk mengatur program mana yang dapat berjalan dan berinteraksi dengan pengguna. Pertama, sistem operasi single-tasking yang hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu. Sebagai contoh adalah pada ponsel monokrom, ponsel tersebut hanya dapat melakukan panggilan atau bermain game. Ketika sedang bermain game dan ada panggilan yang masuk maka panggilan tersebut akan diterima dan game dihentikan, hal tersebut terjadi akibat proses interrupt pada sistem operasi.  Interupt berfungsi untuk mengatur jalannya proses dengan prioritas lebih tinggi dan menghentikan proses dengan prioritas lebih rendah.

Kedua, sistem operasi multi-tasking modern seperti android dan windows menggunakan proses yang disebut time sharing untuk membagi resource sehingga memungkinkan berbagai proses diselesaikan secara bersamaan. Namun yang sebenarnya terjadi bukanlah seluruh proses dijalankan secara bersamaan tetapi proses tersebut berjalan satu per satu. Hal tersebut terjadi karena dilakukannya interrupt secara berkala yang membagi resource sehingga proses - proses tersebut seolah - olah dijalankan dan diselesaikan secara bersamaan.

Menurut saya video tersebut sangat menjelaskan bagaimana proses multitasking berjalan dan apa yang sebenarnya terjadi. Selain itu dengan contoh di kehidupan nyata yang diberikan penonton dapat lebih mudah memahaminya.

Akun Github : adrianhart51
URL Ulasan : http://os-adrian.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-multitasking.html
URL Konten : https://youtu.be/mINZ-YFO88c, durasi 5: 10
Video Author : Techquickie
Pemetaan : Week07
Submisi Revisi Pertama: 21 Mei 2017
Submisi Revisi Terakhir: 21 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar